Monday, January 05, 2009

Gunung Bromo




Kali ini menrupakan kunjungan yang kedua, kunjungan pertama di akhir tahun 2005 setelah pulang dari Bali, langsung Probolinggo, ngadisari dan bermalam di Cemoro Lawang. Wakatu itu kami hanya sempat menyaksikan indahnya matahari terbit.... meski hanya sebentar karena tertutup awan.
Kunjungan kedua ini kami mengambil rute yang beda dari Pasuruan, hingga Wonokitri desa terakhir sebelum lokasi wisata Bromo Tengger.
Perjalan dari Wonokitri cukup menantang karena tikungan dan terjalnya jalan, dan sebagian kiri/ kanan jalan adalah jurang. Namun menurut saya jalanan sangat baik karena sudah dihotmix hingga lokasi Gunung Pananjakan.
Cuaca yang cerah, menggelitik saya dan tertantang untuk turun sekalian di pasir Bromo. Dari Pananjakan harus melalui turunan terjal, dan disarankan agar menggunakan kendaraan 4WD untuk lebih aman. wah... tenan adrenalinku naik!.
Akhirnya bisa melewati turunan dengan selamat dan melanjutkan perjalanan menuju pura di kaki tengger, dengan hati2 agar nggak terjebak di lumpur.
Pulangnya kami naik ke Cemoro Lawang dan melanjutkan perjalanan ke Malang. Pengalaman yang indah.....menikmati indahnya alam Indonesia.

2 comments:

Jeffry Hasibuan said...

mantap...jadi pengen ke Bromo lagi euy

Purwadi Siswana said...

Jeff, kalau lebih afdol lagi dari Bandung lewat rute selatan-selatan mulai jawa barat selatan , jawa tengah selatan, terus ke jawa timur selatan, dijamin perjalanan sangat nyaman dan pemandangan sangat indah.
Ya... tinggal pilih mau ke bromo lewat wonokitri atau lewat cemoro lawang.