Friday, December 18, 2009

Gunung Padang




Setelah puas ambil foto di perkebunan teh, kami melanjutkan perjalanan ke Gunung Padang, dan sekitar 2 Km menjelang lokasi, jalanan yang kami lalui berupa makadam... (bebatuan).
Tepat seperti rencana awal, kami sampai di pintu gerbang masuk sekitar jam 8 pagi, tidak terlihat penjaga/ kuncen yang bertugas, kami langsung masuk dan mulai menapak anak tangga yang tersusun dari potongan batu persegi panjang. Anak tangga cukup terjal sekitar 50derajat sehingga perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menapaki anak tangga tersebut. Menurut informasi, jumlah anak tangga sekitar 300 buah.
Sebagai insan SETULEGI, saya harus menyadari..., nggak bisa mengikuti langkah mas Hadi dan mas Fajar yang jauh lebih cepat. Sambil ngatur nafas...., mungkin lebih dari 10x saya berhenti untuk ngatur nafas.
Akhirnya, ketika menapaki tangga terakhir, rasa lelah menjadi hilang karena hamparan bebatuan yang tersusun rapi, diteras1. Di gunung Padang ini terdiri dari 5 teras bebatuan.
Pemandangan kearah utara, terlihat sangat indah karena layaknya pintu gerbang, mengarah ke Gunung Gede. Dan semalam ada banyak orang yang melakukan tirakatan di tempat ini.
Saya coba mengabadikan keindahan bebatuan era megalitikum dari setiap sudut di seluruh teras yang ada. Betapa indahnya..... pemandangan di atas gunung padang.

4 comments:

*Arisa . said...

wow....tapi sayang koq photo nya kecil...

Purwadi Siswana said...

maaf, sengaja saya perkecil karena ukuran aslinya sekitar 4 Mb, biar hemat :)

Martha The said...

yg ini koq kayak komplek candi gitu yah batu2nya???

Purwadi Siswana said...

potongan batunya berbentuk empat persegi panjang dan disusun ber trap-trap sesuai kondisi tanah di gunung padang ini, sepintas memang seperti komplek candi, tetapi bukan candi...
seperti pada umumnya tempat pemujaan, biasanya ada tingkatan, dan disini juga terdapat beberapa tingkatan hingga tingkat teratas yang terdapat batu kotak tersusun rapi.