Wednesday, December 30, 2009

Sarapan pagi Rp. 1.500,-




Rasa penasaran karena ada pejual nasi jagung dengan urab dan ikan asin goreng tepung, saya coba untuk beli sendiri sambil ngobrol dengan penjual nasi jagung. Nasi jagung ini terlihat seperti nasi putih karena proses pembuatan mulai dari jagung ditumbuk, dipisahkan dari kulit arinya, hingga lembut seperti butiran beras, kemudian dikukus. Dan ketika masak dipindahkan kedalam bakul besar dari anyaman bambu untuk menjaga nasi jagung tetap enak hingga sore hari, bahkan bisa sampai 3 hari tidak akan basi.
Nasi jagung disajikan dalam pincuk daun pisang, sayuran rebus seperti daun kenikir, kluban sawah (mirip krokot), bumbu urap kelapa, sambal cabe rawit yang pedasnya melebihi oseng-oseng mercon dan tiga potong kecil ikan asin goreng tepung.
Ketika saya membayar satu porsi nasi jagung... ternyata harganya hanya Rp. 1.500 rupiah saja.
Saya benar-benar menikmati sarapan pagi dengan menu nasi jagung dan ternyata sangat mengenyangkan, plus rasa yang sangat nikmat dibandingkan harga yang harus saya bayar. Layak untuk dicoba untuk sarapan pagi di wonosobo.

6 comments:

dj suranto said...

Murah, aku pikir2 kalau di Berlin, Jagung, ikan Asin, pake sambel dan sayuran lagi, weh Makanan ORKAY....disini

Ignatius Tyok said...

Kl nasi jagung cocoknya pakai yg agak berbumbu dan cenderung asin ya pak, soalnya nasi jagung kl dibandingin nasi dari beras rasanya lbh hambar. nasi jagung jg lbh mengenyangkan kata org gunung yg menjadikan sbg makanan pokok.

*Arisa . said...

wah...jadi lapar nih...
1500Rp = RM ?

Purwadi Siswana said...

O gitu to pak De, ya... memang murah, karena jagungnya nggak beli, sayurnya tinggal petik di kebun, paling -paling ikan asin yang harus beli. Harganya memang murah dan.... kalau ditanya ke penjualnya apakah masih dapat untung? " ya.... saya masih dapat ikut makan" lah..... ini perlu menjadi pelajaran buat kita. Gimana pak De?

Purwadi Siswana said...

Betul mas, nasi jagung diguyur sayur lombok ijo dan ikan asin....., wis rasanya enak tenan, saya pernah ngajak anak ke dusun, pertama kali disajikan nasi jagung, nggak mau makan, tetapi setelah merasakan nasi jagung diguyur kuah sayur lombok ijo dan ikan asin.... ternyata nambah...

Purwadi Siswana said...

less than 0,6 RM