Thursday, July 02, 2009

Sea Food Pantai Jatimalang

Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Jatimalang - Purworejo
Minggu 28 Juni 2009, perjalanan pulang dari Yogyakarta ke Bandung, terpaksa harus mampir dulu ke Godean nganter dulu ke DOWA (tas khusus untuk wanita, juga bermacam handycraft) sesuai permintaan istri dan si bungsu.
Ternyata ada untungnya, karena berangkat dari godean sudah hampir jam 10.00 pagi dan perkiraan saya sampai di Pantai Jatimalang sekitar jam 11.30 lihat pantai sebentar terus makan sea food di Warung makan Pak Sunardi.

Sengaja kam mengambil rute lintas selatan pantai Jawa Tengah, karena anak2 minta untuk makan siang di Pantai Jatimalang. Perjalanan relatif dari Godean dilanjutkan ke Wates langsung menuju pantai selatan Jawa Tengah. Terasa betapa nyaman ketika melintasi jalan yang halus hotmix, dan di kanan kiri jalan terdapat saluran air yang cukup jernih dan pemandangaan hijau sawah.
Tak terasa perjalan sudah masuk daerah Purworejo, dan jalur selatan di kabupaten Purwarejo ini ada yang lebar sebanyak 4 jalur (dua arah) kualitasnya seperti jalan tol, dan lurus sepanjang hampir 4 kilometer, serta masih dikerjakan perpanjangan lagi.

Sampai diujung jalan ini, terlihat papan penunjuk Pantai jatimalang, anak2 terlihat begitu senang, karena selama ini belum pernah menikmati sea food Jatimalang dan penasaran hanya cerita saja dari saya.

Rumah makan ini letaknya hanya beberapa meter saja dari gardu pungutan restribusi masuk area wisata. Jadi sangat mudah untuk ditemukan karena merupakan rumah makan pertama sebelum masuk pantai Jatiwangi.

Kali ini kami memesarn 2 porsi uang asam manis, 2 porsi kepiting saus tiram, ikan bawal putih goreng dan bakar dan tak lupa cumi goreng tepung. Udang bakar tidak jadi kami pesan karena stok udang galah lagi kosong. Untuk minuman dipesan 2 kelapa muda (masih baru karena langsung dipetik dari kebun) es jeruk dan teh panas.

Sembari menunggu proses masak, kami sekeluarga langsung menuju ke pantai untuk melihat sepintas bagaimana kondisi pantainya. Ternyata hampir sama dengan kondisi pantai selatan pulau jawa tengah, sebagian besar tidak boleh untuk berenang. Dari pada berpanas ria, maka segera kami kembali ke warung makan.
Masakan belum selesai dan kami harus menunggu beberapa waktu, sambil menikmati minuman yang telah disediakan.

Pesanan akhirnya datang juga dan disajikan secara bersamaan, mulai dari kepiting kemudian udang, ikan dan terakhir cumi goreng tepung.
Anak-anak langsung menyerbu hidangan yang tersedia, dan saya sangat senang ketika anak-anak makan dengan lahapnya. Bahkan sampai tambah nasi dua kali.

Untuk rasa, menurut ukuran saya pada kisaran angka 7 – 8 dari skala 10, udang asam manis terasa kesegaran udangnya, dan gurihnya saus asam manis, serta rasa jahe yang cukup nendang. Taburan potongan hijau daun bawang sangat kontras dengan kulit udang yang berwarna merah, sangat menggugah selera makan.

Kepiting satu porsi berisi dua ekor dan tampilannya cukup menarik, saus tiramnya terlihat coklat dan kontras dibandingkan dengan kepitingnya. Saus tiramnya saya coba dipadu dengan sesuap nasi putih terasa gurih, sedikit pedas tapi pas dengan ukuran saya. Daging kepiting juga terasa masih segar dan manis, dan ketika dioleskan ke saus terjadi perpaduan yang nikmat.

Ikan bawal putih goreng terasa krispi karena digoreng dalam bentuk potongan kecil-kecil sehingga tampilannya menjadi kuning menarik, gigitan pertama terasa gurih dan renyah. Ikan bawal goreng tampilannya kurang menarik karena terkesan gosong, namun dibalik kulit ikan yang gosong terlihat putih daging ikan dan rasanya enak ketika dicocol dengan sambel kecapnya.
Cumi goreng tepung disajikan dalam irisan yang kecil-kecil dan nikmat kalau dimakan hanya dengan nasi putih saja.

Rasanya tidak sia-sia kami mengajak makan siang bersama anak-anak untuk makan di Warung pak Sunardi di pantai Jatimalang, karena semua hidangan ludes habis (kecuali kulit udang dan kulit kepiting serta duri ikan yang tersisa).
Dan yang lebih puas lagi ketika total kerusakan untuk berlima sekitar Rp 200 ribu.

Cobalah nikmati rute jalur linta selatan Pantai Jawa Tengah, betapa nikmatnya mengendari mobil tanpa kuatir akan diserempet bus atau truk, juga tidak terganggu oleh banyaknya sepeda dan sepeda motor, juga masih dapat pemandangan yang indah dan bonus sea food yang enak dengan harga yang murah.

Pantai Jatimalan - Purworejo

No comments: