Tuesday, October 28, 2008

Mulai menulis lagi

"MULAI MENULIS LAGI....."

Ketika usia anak mulai menginjak "BALITA"
Orang tua akan mengajarkan berbagai hal baru bagi anak itu
Mulai cara makan, berpakaian, berbicara dan mulai menulis
Berawal dari coretan yang tidak berbentuk hingga akhirnya membentuk angka satu berjejer seperti pagar yang tidak teratur...
sangat bebas dan natural.... meski dengan banyak upaya untuk itu

Ketika meningkat mulai masuk taman kanak-kanak, kegiatan "menulis" menjadi kegiatan pokok, terlebih lagi apabila dilengkapi dengan pensil yang berwarna-warni.
Semangat untuk "menulis" ditumpahkan dimana-mana.
Kertas, papan tulis, meja bahkan dinding rumahpun kan menjadi sarana untuk "menulis" dan melukis......
Biarkan dinding itu kotor oleh coretan dan tulisan ... karena akan tertanam dalam dirinya.

Namun ketika mulai remaja, kegiatan "menulis" itu menjadi jarang dilakukan, kecuali ketika harus "menulis" tugas ataupun mengerjakan PR.
Menulis menjadi bagian yang menjemukan dan sulit bagi banyak anak. Bahkan ketika harus mengumpulkan tugas "mengarang", akan gelisah karena sulitnya merangkai kata dan arti.

Banyak mahasiswa yang tertunda menyelesaikan kuliahnya hanya gara-gara "menulis" untuk Tugas Akhirnya. Secara tidak langsung hal ini juga mencerminkan adanya "kemiskinan" dalam hal menulis dibanding dengan "ngomong".
Lebih mudah untuk "ngomong" dari pada "menulis"

Ketika mulai bekerja, banyak pula yang menghadapi kendala ketika harus "menulis" laporan, apalagi dihadapkan pada jadwal waktu yang ketat. Hal ini akan menambah intensitas stress bila laporan tersebut sangat terkait dengan kinerjanya.......

Mungkin (kalau tidak salah) budaya membaca dan "menulis" masih merupakan "kemiskinan" di negeri ini. Siapa yang akan mengubah negeri tercinta ini menjadi negara yang "kaya" akan tulisan?
Jawabannya sangat mudah: mulai dari diri kita.

Itulah yang menjadi motivasi saya untuk mulai "menulis" di sini.

Bandung, 29 Nopember 2005


"Menulis itu, mudah dan indah"

No comments: