Thursday, June 04, 2009

Cuci Motor / Mobil

Berapa kali dalam sebulan kita mencuci motor atau mobil? Mungkin ada yang bilang sekitar 5 s/d 8 kali cuci dalam sebulan, tetapi mungkin juga akan lebih dari 10 kali bila sering terjadi hujan. Ada perasaan kurang nyaman apabila mengendarai motor/  mobil dalam kondisi kotor dan berlumpur, seolah menunjukkan siapa yang mengendarainya.  Sebaliknya akan terasa nyaman apabila motor/ mobil kelihatan bersih dan kinclong.

 

Pilihan untuk cuci motor atau mobil banyak pilihan, mulai dicuci sendiri, jasa cuci manual, snow wash sampai ke Automatic car wash yang hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit kendaraan sudah bersih mengkilap. Sementara untuk cuci motor berkisar antara Rp. 4 ribu s/d Rp. 6 ribu sekali cuci.

 

Masing-masing pilihan ada konsekuensinya, jika dicuci sendiri paling hanya mengeluarkan sesendok sabun dan air untuk menyiram. Jika cuci manual perlu waktu sekitar 1 jam dan biaya sekitar  Rp. 20 s/d Rp. 25 ribu,  dengan snow wash sekitar Rp. 30 ribu. Apabila tidak waktu yang tersedia sempit dan perlu kendaraan terlihat bersih disisi luarnya saja, maka automatic car wash menjadi pilihan yang tepat.

 

Bagi beberapa orang, biaya cuci mobil tidaklah menjadi masalah karena secara ekonomi memang sudah mapan, namun akan bermasalah ketika secara ekonomi memang tidak berlebihan, terlebih lagi bila nilainya cukup material dalam satu bulan, maka mencuci mobil sendiri

 

Dengan mencuci sendiri untuk motor atau mobil, secara ekonomi jelas akan mengurangi pengeluaran rutin, dan saving dapat digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

 

Selain dari sisi ekonomi, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika kita mencuci motor atau mobil dirumah antara lain :

 

  • Selain mobil menjadi bersih, sebenarnya secara tidak langsung kita sedang menjalankan aktivitas olah raga yang melibatkan tangan, dan kaki kita, mulai dari menyemprotkan air, menggosok badan mobil dapat menguatkan otot tangan, jongkok ketika menggosok ban dan bumper, berjinjit ketika menggapai bagian atas mobil,  juga ketika mengeringkannya. Bila cara mencuci mobil dilakukan dengan runut makan sebenarnya kita sedang berolah raga, dan setelah selesai terasa capek dan berkeringat.
  • Sekali waktu libatkan anak-anak untuk ikut mencuci mobil/ motor, minta pada anak-anak  untuk menyemprotkan air, juga untuk menggosok mobil dengan busa sabun. Lakukan semua itu dengan riang dan sedikit canda, seperti salah semprot sehingga baju anak-anak  menjadi basah, atau sebaliknya anak-anak menyemprotkan air ke ayah. Kita tahu bahwa dengan melibatkan anak maka proses mencuci menjadi lebih lama juga hasilnya belum tentu sempurna, namun kegiatan ini juga memberikan manfaat karena ada interaksi,  juga canda dan tawa antara ayah dan anak. Sudah barang tentu kita tidak ingin anak-anak masuk angin, maka sembari kita mencuci mobil bersama, mintalah kepada ibu untuk menyiapkan air hangat sehingga apabila cuci mobil selesai, maka anak-anak siap untuk mandi dengan air hangat. Ada olah raga, ada canda dan ada kebersamaan antara ayah dan anak ketika mencuci mobil bersama.

 

  • Jika anak kita sudah beranjak remaja,  sarana cuci mobil/ motor  ini juga bisa menumbuhkan rasa bertanggungjawab atas mobil/ motor yang dikendarai.  Bisa juga sebagai sarana untuk mulai belajar menghemat dengan menyisihkan ongkos cuci kedalam tabungan mereka.

 

  • Bila punya waktu lebih lama, setelah selesai cuci mobil, ada kesempatan ayah untuk menginformasikan seluk beluk mesin secara praktis dan hal-hal apa saja yang wajib diketahui atau di cek apabila ada masalah dengan mobil/ motor tersebut.

  

Berhemat, berolah raga dan bercanda dengan anak-anak dapat dilakukan sekaligus manakala kita mencuci motor/ mobil bersama anak-anak.

 

Yuk, kita cuci motor/ mobil sendiri bersama anak kita.

No comments: