Tuesday, June 09, 2009

Menyiapkan Sarapan Pagi

Suasana rumah dipagi hari biasanya lebih sibuk karena semua anggota keularga biasanya secara bersama melakukan aktifitas rutin  untuk menyiapkan segala sesuatu yang akan dilakukan sepanjang hari tersebut.  Semua berusaha untuk dapat segera menyelesaiakan persiapannya secepat mungkin dan dapata berangkat ke sekolah, tempat kerja tepat waktu agar tidak terlambat samapai di tempat tujuan.

 

Dibanyak kota besar, setiap pagi terjadi arus masuk berbagai kendaraan, mulai dai angkutan kota, bus, sepeda motor, kendaraan pribadi maupun kereta api, seolah akan berebut jalur menuju kota. Semakin jauh pemukiman dari pusat kota, maka semakin  pagi harus cepat berangkat dari rumah agar tidak terlambat.

 

Semua anggota keluarga menjadi sibuk sendiri menyiapkan perkelangkapan, namun yang lebih sibuk lagi di pagi hari biasanya ibu-ibu yang selalu berusaha agar sarapan pagi sudah selalu siap ketika anggota keluarga selesai berbenah diri.

Seorang ibu biasanya bangun lebih pagi dan lebih sibuk dibandingkan anggota keluarga yang lain karena, meyiapkan air panas, untuk minuman pagi,  menyiapkan masakan untuk sarapan pagi.

Sarapan pagi menjadi hal yang penting karena dengan asupan makanan dan minuman dipagi hari akan membantu kelancaran aktivitas seseorang hingga siang hari.

 

Bagi banyak orang, karena hal ini dianggap suatu rutinitas belaka maka masalah menyiapkan sarapan pagi menjadi hal yang mudah, karena hanya mengetahui segala sesuatunya sudah tersedia di meja makan.

Minuman panas seperti kopi, teh atau susu mungkin juga sereal serta jenis makanan pagi seperti roti, nasi (kuning, uduk, goreng) atau mie goreng semua tersedia dengan rapi dan siap dinikmati oleh anggota keluarga.

 

Untuk sebagian orang, mungkin bisa menikmati sarapan pagi dirumah, namun ada juga yang membawa bekal sarapan pagi dan dinikmati dalam perjalanan untuk menghemat waktu. Namun tetap saja hal ini juga memerlukan persiapan agar semuanya dapat dinikmati oleh anggota keluarga.

 

Ketika penulis mencoba untuk menempatkan diri dalam menyiapkan sarapan pagi selama beberapa hari(kebetulan istri sedang keluar kota), ternyata menyiapkan sarapan pagi tidak sekedar menata makanan dan minuman di meja makan. Tetapi lebih dari itu,  ternyata perlu juga mempersiapkan segala sesuatu  untuk sarapan pagi. Mulai dengan menu apa  yang akan disiapkan esok pagi, seseuai dengan keinginan anak, siapkan bahan makanan untuk sarapan, cek juga persediaan makanan yang ada di rumah.

Bangun tidur lebih pagi dan mulai menjerang air untuk minum, juga meracik bahan untuk sarapan pagi,  membuat sarapan pagi dan mengidangkan di meja makan tepat waktu agar anak-anak bisa sarapan pagi dan tidak terlambat di sekolah.

Beruntung rasanya kalau permintaan anak-anak tidak susah, kadang hanya cukup disiapkan menu sereal sehingga cukup menjerang air tanpa harus repot menyiapkan sarapan pagi.

 

Aktivitas dalam menyiapkan sarapan pagi cukup menyita waktu dan tenaga, namun semua ini menjadi sesuatu yang menyenangkan manaka menu yang dihidangkan dinikmati dan dihabiskan oleh semua anggota keluarga. Sebaliknya apabila sudah berupaya menyiapkan sarapan pagi, ternyata makanan tidak disentuh sama sekali yang muncul adalah perasaan sedih, karena merasa menyiapkan sarapan pagi menjadi sia-sia. 

 

Dari proses kegiatan yang kelilhatan sederhana dalam menyiapkan sarapan pagi,  ada beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran bagi para suami antara lain :

  • Sekali waktu, tempatkan diri anda untuk melakukan aktivitas rumah tangga yang selama ini dilakukan oleh istri tercinta agar lebih memahami bahwa menyiapkan sarapan pagi bukan sekedar menyiapkan makanan dan minuman saja.
  • Lihatlah aktivitas menyiapkan sarapan pagi ini bukan sekedar aktifitas rutin, tetapi lebih dari itu adalah wujud kasih seorang ibu kepada anggota keluarga agar tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas dengan baik
  • Bersyukurlah atas apa saja yang dihidangkan untuk sarapan pagi oleh seorang istri, meskipun terkadang masakannya kurang pas, tetapi yang jelas anda harus lebih bersyukur karena masih ada istri yang menyiapkan makan pagi.

 Nikmatilah setiap sarapan pagi yang dihidangkan di meja makan, karena itu wujud kasih seorang istri/ ibu untuk anggota keluarga dan semuanya itu merupakan berkat dari Tuhan Yang Maha Kasih.

No comments: