Thursday, June 04, 2009

Jalan Kaki

Sebuah iklan dari produk susu, mengkampanyekan bahwa 10 ribu langkah sehari akan dapat mencegah penyakit osteoporosis ketika menjelang lansia. Caranya mudah,  dengan jalan-jalan di mall (window shopping), jalan kaki ketika mau membeli sesuatu di warung terdekat. Sebenarnya 10 ribu langkah tidaklah jauh, hanya sekitar 3 ribu meter dalam satu hari. 

 

Namun kenyataannya, banyak orang yang tidak dapat melakukan kegiatan kecil ini dalam satu hari karena berbagai hal seperti :

 

  • Lebih banyak memanfaatkan sarana transportasi baik untuk jarak yang jauh maupun yang dekat.
  • Kecenderungan memilih lokasi parkir (baik sepeda motor maupun mobil) agar lebih dekat ke ruangan.
  • Memilih lewat lift daripada jalan kaki melewati anak tangga
  • Memilih mencet remote control untuk mengalihkan program daripada melangkah mengganti channel TV.
  • Memilih naik beca atau motor ketika mau membeli kebutuhan di warung terdekat dengan alasan panas di siang hari.
  • Memilih makan siang yang diantar ke ruangan dari pada harus melangkah ke kantin.
  • Memilih sembahyang di rumah atau ruang kerja dari pada jalan kaki ke masjid terdekat.

 

Banyak hal yang sebenarnya dapat dilakukan dengan jalan kaki bila kita telah memahami betapa sangat bermanfaatnya jalan kaki dengan teratur setiap hari. Gerakan jalan kaki merupakan gerakan yang sempurna karena aktivitas ini melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak, dan pergerakannya sangat teratur.

Gerakan jalan kaki akan mengatkan otot-otot kaki, tangan, pinggang, panggul dan otot bahu ketika ayunan tangan, juga memacu gerakan otot jantung sehingga secara langsung akan berdampak pada kesempurnaan aliran darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar akan mengallirkan oksigen sehingga proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan sempurna.

Selain itu juga aktivitas ini bisa memacu keringat untuk keluar dari tubuh, secara tidak langsung membakar kalori dan memungkinkan pengeluaran berbagai zat yang tidak berguna melalui keringat kita.

 

Terlebih lagi apabila jalan kaki bisa menjadi suatu kebiasaan, maka secara tidak langsung kita sudah mulai menerapkan pola hidup sehat karena dengan jalan kaki maka kita akan memperoleh bermacam keuntungan bagi kesehatan kita.

 

Meskipun banyak orang sudah mengetahui manfaat dari jalan kaki, namun masih sedikit orang yang dengan senang hati melakukannya dengan alasan utama adalah malas untuk jalan kaki.

Memang terasa susah apabila kita sudah merasa malas untuk melakukan sesuatu, namun ketika kita sudah mencoba untuk mengawalinya, maka secara perlahan dan pasti akan merasakan bahwa jalan kaki akan menjadi suatu kebutuhan.

 

Terlebih lagi apabila kita bisa melakukan jalan kaki secara teratur minimal 3 kali seminggu dalam waktu sekitar 20 - 30 menit. Maka akan terasa sekali manfaatnya bagi kesehatan kita.

 

Satu hal lagi, olah raga jalan kaki adalah olah raga yang paling mudah dan paling murah untuk dilakukan.

 

Salam, Jalan kaki setiap hari.

No comments: