Saturday, June 20, 2009

Nasi Jamblang Pak Gendut

Rating:★★★
Category:Other
Setiap kali berkunjung ke Cirebon, menu yang tidak pernah terlewat adalah Nasi Jamblang. Tempat favorit bagi banyak orang adalah warung nasi jamblang Mang Doel. Kebetulan kali ini kami mencoba untuk makan malam Nasi Jamblang ternyata warung Mang Doel sudah tutup.

Pilihan beralih menuju depan mall Grage, yang merupakan pusat penjualan nasi jamblang sepanjang jalan didepan mall tersebut.
Banyak pilihan warung nasi jamblang sepanjang jalan tersebut, dan kami sekeluarga mencoba mengamati warung-warung tersebut, akhirnya pilihan bersama memutuskan untuk ke warung nasi jamblang Pak Gendut, dengan alasan tempatnya lebih luas, suasana terang benderang, dan terlihat banyak pilihan lauk-pauk yang berjajar disajikan sangat rapi dan menarik.

Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dalam ukuran mini, karena ukurannya kecil hanya sekitar 2 atau 3 kali suapan nasi. Biasanya orang akan meminta lebih daru dua bungkus nasi jamblang yang satukan dan disajikan diatas daun jati. Biasanya penjual akan menawarkan sambal matang cabe merah yang diiris tipis memanjang, sehingga ketika dituangkan diatas nasi jamblang akan terlihat angat menarik karena kontras antara putih nasi, merahnya sambal diatas hijaunya daun jati, terlihat “mlekoh”

Untuk pengunjung yang pertama kali menikmati nasi jamblang biasanya akan bingung dengan tawaran penjual, karena akan menanyakan “satu, dua, tiga?”
Pengunjung akan bingung dengan tawaran ini, dan biasanya mulai “ngeh” ketika penjual mulai membuka bungkus nasi jamblang kedalam piring.
Kebingungan yang kedua akan muncul manakala setelah menerima nasi, kemudian terserah pembeli mau pilih lauk yang mana.

Mulai dari emping goreng, kripik tempe tipis, peyek tempe, peyek teri, peyek udang, masih ada beberapa jenis sate, mulai sate usus, sate telur puyuh sate udang, serta berbagai gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng , perkedel, telur dadar, telur ceplok, paru goreng, telur bumbu pedas juga telur mata sapi. Ada juga sejenis daging masak kari, daging masak pedas, juga masak renadng, semuanya disajikan dalam potongan-potongan kecil, Kita bisa juga untuk menikmati potongan ikan asin atau pindang tongkol.

Malam itu, saya minta 3 bungkus nasi jamblang dan diatasnya langsung diberi sambal cabe merah yang kontras dengan putihnya nasi, saya ambil tempe goreng dan telur ceplok bumbu pedas sebagai pilihan lauk yang pertama.
Setelah cuci tangan, langsung saya campurkan sambel cabe merah dengan nasi, dan ketika sesuap nasi mulai masuk terasa benar sambal merahnya cukup nendang tetapi tidak terlalu pedas. Secuil telur ceplok segera menemani suapan nasi pertama. Tempe gorengnya terasa gurih tetapi hanya dalam dua gigitan sudah habis karena ukuran yang kecil. Sambil menikmati pedasnya sambal dan telur ceplok, pandangan mata mulai mencari sasaran lain, dan tertuju pada paru goreng , juga dalam ukuran kecil, sehingga saya putuskan untuk mengambil dua potong.

Setelah nambah dua potong paru goreng yang cukup renyah dan gurih, giliran nasinya sudah habis dan saya minta satu lagi dari pada nanti malam merasa lapar karena ukuran yang serba mini.

Untuk minuman, ada pilihan, teh manis, es teh, es jeruk, jeruk panas juga ada kopi, untuk menemani makan nasi jamblang.

Secara keseluruhan, cukup enak dan mengenyangkan (bila nasinya lebih dari 3 bungkus) dan untuk harga jelas sangat murah karena dapat terjangkau semua lapisan masyarakat. Terkadang juga di warung nasi jamblang ini terlihat banyak anak muda yang menikmati makan sambil ngobrol .

Apabila anda singgah ke Cirebon, cobalan nikmati nasi jamblang sebagai alternative makan malam di pinggir jalan, namun bagi anda yang berasal dari Jogyakarta, maka nuansa warung nasi jamblang hampir sama dengan warung akringan, dan tentu saja kita dapat 3 M (Murah Meriah dan Mengenyangkan)

2 comments:

DhaVe Dhanang said...

woi... buleh..buleh... maknyus.. kalo dijatim "cangkruk" kalee yaw?

Purwadi Siswana said...

yo cak, mirim tempat cangkruk di jatim, atau angkringan di jogya, atau warung hik di solo.