Tuesday, December 06, 2005

OLAHRAGA

Hidup sehat, bagi sebagian orang sudah menjadi gaya hidup karena kesehatan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa ada hambatan karena masalah kesehatan.
Berbagai upaya dilakukan oleh banyak orang antara lain, dengan program hidup sehat, pengaturan pola makanan, dan tentu saja harus didukung dengan olah raga yang teratur.

Di sisi lain, banyak pula orang yang tidak sempat melakukan olah raga karena tuntutan kesibukan sehari-hari, harus berangkat kantor pagi hari dan pulang malam hari. Selain itu juga keterbatasan fasilitas olah raga diberbagai tempat karena ruang terbuka atau taman yang dulunya biasa digunakan untuk olah raga sudah lenyap, tergantikan dengan mal dan bangunan lainnya.

Berubahnya pola hidup jaman sekarang yang serba nyaman, seperti tersedianya sarana angkutan, kendaraan pribadi, lift dan eskalator, semuanya membuat berkurangnya aktivitas phisik seseorang. Di sisi lain, pola makan juga menjadi tidak baik, ketika harus dihadapkan pada pilihan makanan fast food yang bergizi buruk.

Apabila pola hidup seperti itu tidak diimbangi dengan olah raga, maka akan muncul banyak masalah kesehatan, mulai dari kolesterol, asam urat dan merembet yang lebih berat lagi seperti tekanan darah tinggi, jantung koroner, diabetes …., dan masih berderet kenis penyakit yang bisa muncul.

Olahraga, bisa dilakukan diberbagai tempat dan situasi, bisa murah bisa sangat mahal, bisa sebentar bisa sangat lama. Tinggal kita memilih sesuai dengan kondisi yang sesuai, baik dari segi waktu, sarana maupun biaya.


Banyak orang yang ingin berolahraga, tapi hanya sedikit yang melakukannya. Sebenarnya masalah berolahraga itu terkait dengan “hati dan kaki” . Keinginan berolahraga ada, tetapi tidak pernah dilakukan karena tidak mau melangkahkan kaki, sehingga olahraga hanya menjadi angan-angan saja. Juga sebaliknya, ketika keinginan kaki untuk memulai olahraga tetapi ditidak didukung dengan hati, secara fisik memang berolah raga tapi dengan hati yang tertekan tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Sebagai contoh, ketika rekan sekerja banyak yang hoby golf, sementara kita tidak atau belum bisa menikmati, maka ketika selesai bermain golf yang diperoleh rasa capex, dan tidak ada suasana hati yang senang karena terpaksa. Atau karena teman sekerja banyak yang ke fitness, rasanya nggak gaul kalau tidak bergabung di fitness, padahal kita sangat senang jogging ditempat terbuka.

Hati dan kaki, menjadi modal untuk memulai olah raga, dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan.
Jika anda terlalu sibuk, dan banyak menghabiskan waktu untuk perjalanan pergi-pulang kantor, cobalah untuk berjalan kaki lewat tangga, jangan menggunakan lift.
Jika anda punya waktu disore hari karena menghindari macet, kunjungilah fitness center, atau berolah raga dilingkungan kantor.
Jika anda harus mengantar anak sekolah pagi hari, sementara jam masuk kantor masih lama, anda bisa jalan kaki atau joging di lingkungan kantor setelah mengantar anak sekolah.
Jika anda memiliki banyak waktu, dan juga ingin membangun relasi, anda bisa memilih menjadi member di sport center atau oalah raga lainnya.
Jika anak-anak mengajak renang di akhir pekan, anda bisa bergabung berenang bersama dan menikmati keceriaaan keluarga.

Jadi, lakukanlah olahraga secara teratur dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan keinginan anda, dan tentunya lakukan olahraga dengan hati dan kaki, sehingga diperoleh badan yang sehat dan hati yang senang.

Semoga kita bisa berolah raga secara teratur.

No comments: