Thursday, December 01, 2005

SENYUMAN


Mulailah dengan senyuman ketika kita bangun pada pagi hari, karena senyuman itu akan mengawal kita sepanjang hari baik di rumah, dijalan, dikantor dan kembali kerumah lagi. Mengapa ??
Ketika kita membuka mata dipagi hari, senyumlah dan bersyukurlah bahwa Tuhan memberikan kesempatan kita untuk menikmati hari yang baru dan mengisinya dengan penuh rasa syukur.
Sediakan waktu khusus untuk menyapa Tuhanmu dengan senyuman dan ucapan syukur, mohon padaNya untuk mengiringi setiap langkah kita agar sepanjang hari yang akan kita lewati menjadi lebih baik dibandingkan hari kemarin.
Ucapkan salam dengan senyuman kepada anak, istri, suami dan orang tua ketika pertama kali bertemu dipagi hari. Senyuman itu akan membuat suasana pagi menjadi lebih riang dan damai, dan hal ini akan mengiringi sepanjang waktu yang kita lewati hari ini.

Namun yang sering terjadi, pada pagi hari suasana yang serba tergesa-gesa karena takut macet. Sehingga sering terdengar teriakan untuk cepat bangun pagi, cepat mandi, cepat ganti pakaian, cepat sarapan dan cepat berangkat.
Tanpa sapaan sayang dan senyuman....... akan berdampak besar pada perilaku kita semenjak kaki melangkah keluar rumah.
Bagi yang punya kendaraan, akan segera memacu kendaraan secepat mungkin agar segera sampai ditempat tujuan, tidak ada rasa sabar dalam mengemudi kendaraan, saling serobot dan saling berpacu, bahkan mungkin akan keluar umpatan bukan senyuman.
Bagi yang belum punya kendaraan, akan segera mencari angkutan atau bis, dengan berebut, bahkan harus dengan sedikit mendorong agar dapat naik tanpa memperhatikan calon penumpang lainnya yang sudah berumur, atau anak-anak.
Dan mungkin ketika terlambat naik karena diserobot calon penumpang lainnya, atau mungkin kena sikut atau terinjak, akan mudah naik pitam.
Itulah gambaran yang sering terjadi dipagi hari, lebih banyak terjadi umpatan dari pada senyuman, karena tidak diawali dengan senyuman.

Ketika sudah sampai dikantor atau tempat kerja, cobalah sapa setiap orang yang berjumpa dengan anda, tanpa harus membeda-bedakan kedudukan atau jabatan. Bila sapa dan senyuman disampaikan kepada siapapun di tempat kerja, akan membuat hubungan kita menjadi lebih baik, dan bagi diri sendiri ketika mengawali kerja dengan penuh suka cita akan berdampak positif sepanjang hari.

Namun yang sering terjadi, semua berlalu begitusaja seperti layaknya mesin otomatis, masuk kantor, pencet tombol lift, masuk, diam tanpa ada sapa dan senyuman karena semua merasa tergesa-gesa. Sehingga tercipta suasana kaku dan kesepian ditengah keramaian.


Dalam berbagai hal kehidupan sehari-hari, senyuman akan memberikan manfaat yang sangat dahsyat !,
Ketika menghadapi seseorang yang sedang marah dan kalut, senyuman akan dapat meredupkan amarah seseorang.
Ketika bertemu dengan orang yang sedang berkeluh kesah, dengarkanlah dengan seksama dan beri senyuman yang tulus, akan mampu menyejukkan hatinya.
Ketika menghadapi orang yang melakukan kesalahan, hadapilah dengan senyuman bukan amarah, karena akan mengurangi beban yang ditanggungnya.
Ketika harus bertemu orang banyak dan tidak ada yang kenal, senyuman akan dapat mencairkan susana kekakuan.
Ketika setiap hari anda memberikan senyuman kepada siapapun yang anda temui, akan dapat membangun rasa persaudaraan yang lebih baik.

Dan terlebih dari itu...... ketika anda memberikan senyuman secara tulus, otot-otot muka anda akan terlatih dengan baik, sehingga tidak mudah keriput dimakan usia, lebih cerah, segar dan menarik secara alami. Orang lainpun akan lebih senang ketika bertemu dengan anda dan senyuman yang tulus itu akan merambat dengan pasti mempengaruhi orang lain untuk tersenyum.

Seandainya setiap hari, diawali dengan senyum, dan setiap orang bisa tersenyum, akan terciptalah dunia yang penuh dengan damai, canda dan tawa.
Betapa dahsyatnya senyuman tulus itu !
Semoga setiap hari ada senyum diantara kita.

No comments: