Sunday, October 10, 2010

KEGAGALAN

Dalam berbagai kesempatan ataupun pertemuan, kata yang sering diucapkan dan orang akan merasa senang mendengarkan adalah kata keberhasilan.
Ketika keberhasilan diperoleh, maka ucapan selamat akan mengalir tidak putusnya kepada seseorang yang memperoleh keberhasilan.
Namun sebaliknya cerita tentang kegagalan jarang sekali diceritakan oleh orang yang mengalami kegagalan.
Keengganan seseorang untuk menyatakan kegagalan, karena masyarakat secara umum berpandangan bahwa kegagalan adalah sesuatu yang memalukan, kegagalan menunjukkan ketidakmampuan, kegagalan juga seolah menunjukkan kekalahan.

Setiap orang pasti sudah pernah merasakan kegagalan, baik dalam sekala ringan maupun yang berat. Masing-masing orang akan berbeda dalam menyikapi kegagalannya, dan berbagai cara pula untuk melupakan kegagalannya.
Ada orang yang dengan mudah melupakan kegagalan, namun ada juga yang tidak bisa melupakan kegagalan, sehingga larut meratapi kegagalan, dan tidak bisa lepas dari belenggu ketakutan untuk mencoba lagi. Hal ini jelas akan merugikan diri sendiri, bahkan mungkin berdampak negatif bagi orang disekililingnya.

Tetaplah berpikiran positif terhadap setiap kegagalan yang kita alami karena kita akan selalu memperoleh hal yang baru ketika kita memahami arti dari kegagalan, sebab :
Kegagalan adalah suatu proses menuju tingkat yang lebih baik lagi, namun belum dapat diwujudkan pada saat yang diingini.
Kegagalan adalah suatu proses belajar, untuk memahami faktor-faktor apa saja yang berkontribusi.
Kegagalan adalah pengalaman untuk dapat memahami secara rinci setiap proses menuju akhir yang diharapkan.
Kegagalan bisa juga hanya masalah moment, yang tinggal menunggu waktu terjadinya.
Kegagalan juga bisa menumbuhkan ketekunan, dan timbul harapan untuk tetap berjuang menuju keberhasilan.
Belajar dari kegagalan akhirnya akan dapat mencapai moment keberhasilan.

Jadi segala sesuatu yang terjadi atas diri kita, hendaknya selalu berpikir positif dalam berbagai hal, baik ketika kita berhasil maupun mengalami kegagalan karena semuanya membawa kebaikan bagi kita, ketika kita memahami segala sesuatu yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian.

Semoga kita senantiasa mampu belajar dari kegagalan untuk meraih keberhasilan.

No comments: